. ternyata di puncak gunung menangis ada makam | hiStory oF thE BawEaN

ternyata di puncak gunung menangis ada makam


Menurut cerita yang berkembang di masyarakat bawean, gunung menangis ini merupakan tempat berdiamnya waliyah siti zainab ketika pertama kali tiba di pulau bawean. cerita detilnya waliyah siti zainab ini sebelumnya tiba di desa kumalasa, yang sedang terjangkit penyakit sampar, karena kedatangan siti zainab berbarengan dengan kondisi desa kumalasa, maka rakyat desa menyangka bahwa penyakit itu telah di bawa dan di tularkan oleh waliyah zainab dan rombongannya. karena terprovokasi dengan berita itu maka rakyat desa kumalasa berbondong-bondong mengusir waliyah zainab dan rombongannya.

karena pengusiran tersebut, akhirnya waliyah zainab beserta rombonganya menyusuri tempat demi tempat yang kondisinya masih berupa hutan rimba. hingga malam tiba mereka belum menemukan tempat berdiam yang aman. dengan terpaksa mereka harus bermalam di tengah hutan rimba, karena kondisi tersebut waliyah siti zainab beserta rombongannya memohon dan bermunajat kepada Allah, hingga menangis. karena kuasa Allah seluruh masyarakat bawean mendengar tangisan tersebut. kemudian masyarakat sekitar mencari asal tangisan tersebut.

singkat cerita, masyarakat menemukan sumber tangisan di atas gunung tersebut. dan di namailah gunung itu dengan gunung menangis.
di duga makam yang ada di puncak gunung menangis tersebut adalah salah satu rombongan waliyah siti zainab, yang meninggal ketika tersesat di gunung tersebut.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar